Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah identifikasi berbagai faktor untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat
memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan
kelemahan(Weaknesses) dan
ancaman (Threats).
Proses pengambilan keputusan strategis selalu
berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan.
Dengan demikian perencanaan strategis (strategic
planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis
perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam kondisi yang ada
saat ini. Hal ini
disebut dengan analisa situasi. Penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditentukan oleh
kombinasi faktor internal dan eksternal. Kedua faktor tersebut harus
dipertimbangkan dalam analisis SWOT.
Gambar 1. Template SWOT
Dimensi
dari analisis SWOT sebagai berikut[1]:
- Strength
suatu kompetensi organisasi kolektif, aset, atau kapabilitas, untuk organisasi
yang telah memiliki keahlian tingkat tinggi.
- Weakness adalah suatu kompetensi
organisasi kolektif, aset, atau kapabilitas yang secara kompetitif memiliki
kualitas yang rendah dan secara konsekuen menyediakan suatu kelemahan yang
dapat dieksploitasi oleh kompetitor.
- Opportunity adalah suatu tren atau
even yang dapat membawa kepada suatu perubahan positif di dalam posisi apabila
ditanggapi oleh respon strategis.
- Threat adalah suatu trend atau even yang dapat
membawa kepada suatu perubahan negatif pada suatu posisi apabila tidak
ditanggapi oleh respon strategis.
Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal
peluang (opportunities) dan Ancaman (threats) dengan faktor internal Kekuatan
(strengths) dan Kelemahan (weaknesses) dapat dilihat pada Gambar 2.
Gambar 2. Analisis SWOT
Kuadran
1 :
|
Ini
merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki
peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
|
Kuadran2
:
|
Meskipun
menghadapi ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi
internal.
|
Kuadran
3:
|
Perusahaan
menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi dilain pihak ia menghadapi
beberapa kendala/kelemahan internal.
|
Kuadran
4:
|
Ini
merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan tersebut
menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal.
|
Referensi Buku:
- Rangkuti, F.,Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2009.
- Rangkuti, F.,SWOT Balanced Scorecard. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011.
- Ward, John. and Joe Peppard., Strategic Planning for Information System 3nded. England: John Wiley & Sons, 2002.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar