E-commerce
( Elektronik Commerce) : Bila
diterjemahka secara bebas menjadi perdagangan melalui jalur
elektronik. Jalur
elektronik meliputi
berbagai bentuk komunikasi yang memerlukan saluran elektronik, yang dalam hal
ini meliputi mesin atm, telepon, komputer, internet, serta perangkat lainnya. Selain
E-Commerce, dikenal juga istilah E-Business.
E-commerce semakin banyak dipakai
karena kepraktisannya. Dalam perdagangan konvesional, antara penjual dan
pembeli harus bertemu secara fisik. Beberapa kelemahan dalam metode konvensional, diantaranya
adalah:
a. Hanya melibatkan pembeli dan penjual
di lokasi yang saling berdekatan secara fisik dapat menjangkau dengan kenderaan
(apapun jenisnya).
b. Hanya dapat terjadi transaksi selama
toko atau kantor buka dan pada hari kerja. Di luar itu, pembeli dan penjual
tidak dapat bertemu.
c. Bagi penjual, pangsa pasarnya
terbatas, karena tidak mungkin ada pembeli dari daerah yang lokasinya jauh
d. Bagi pembeli, tidak ada pilihan yang
banyak, yaitu banyak barang tersedia di toko pemasok.
Dengan perkembangan teknologi
komunikasi dan teknologi informasi, pembeli dan penjual dapat mengatasi
berbagai kelemahan tadi, dengan suatu sistem e-commerce atau e-business.
Selain e-commerce, masih ada
perkembangan lain di bidang sistem informasi, yaitu adanya kebutuhan bagi
perusahaan untuk memadukan berbagai sistem informasi yang ada di dalam
perusahaan. Dalam bidang ini, muncul aplikasi-aplikasi baru seperti:
- ERP (Enterprise Resource Planning)
- CRM (Customer Relation Management)
- SCM (Supply Chain Management)
a. Enterprise Resource Planning (ERP)
Enterprise
Resource Planning (ERP) atau Perencanaan sumber daya perusahaan adalah Aplikasi
komputer yang menyatukan sistem informasi yang mencakup berbagai fungsi utama perusahaan.
Fungsi
utama perusahaan antara lain:
§ Fungsi
keuangan
§ Fungsi
sumber daya manusia
§ Proses
produksi
§ Pemasaran
Dalam suatu perusahaan, masing-masing fungsi ini memiliki
sistem informasi yang terpisah dalam perusahaan, apabila tidak terpadu, atau
tidak terkait satu sama lain, maka tidak akan dapat memberikan informasi yang
baik kepada pembuat keputusan. Oleh karenanya, diperlukan suatu sistem yang
dapat menyatukan berbagai sistem informasi tersebut. Sistem ini disebut dengan
ERP.
Gambar 1. ERP sebagai penghubunga
antara sistem informasi
ERP dibangun dengan menyatukan atau menghubungkan berbagai
basis data yang ada di dalam perusahaan. Saat ini sudah ada beberapa penyedia program ERP, diantaranya adalah:
§ Baan.
§ J.D.Edwards
§ Oracle
§ Peoplesoft
§ SAP AG
b. Customer Relationship Management
(CRM)
Customer
Relationship Management (CRM) atau program pengelolaan dengan pelanggan adalah
program komputer (software) yang memungkinkan pelanggan
mengakses data kegiatan perusahaan, mulai rencana produksi sampai layanan purna
jual.
Pelanggan ingin mengetahui kapan
perusahaan melakukan perusahaan melakukan produksi dalam jumlah banyak dan
kapan dalam jumlah sedikit. Hal ini perlu diketahui oleh pelanggan (yang
biasanya berbentuk perusahaan, atau kalau ini pribadi meruapakan agen perusahaan) untuk menyusun
rencana pemasaran dan kegiatan perusahaan. Sudah barang tentu hanya pelanggan
yang memenuhi kriteria tertentu yang dapat mengakses fasilitas CRM ini.
Beberapa merek atau penyedia
program komputer yang tergolong dalam kelompok CRM diantaranya:
§ Broad
Vision
§ E.piphany
§ Kana
§ Nortel/
Clarity
§ Peoplesoft/
Vanitive
§ Siebel
c. Supply Chain Management (
SCM)
Supply
Chain adalah Integrasi
data dalam suatu perusahaan manufaktur, integrasi data ini dimulai sejak proses
perencanaan produksi, proses penentuan kebutuhan pangan, sampai pada produksi,
penjualan, dan penagihan. Supply Chain Management ( SCM) adalah program komputer yang digunakan untuk
mengoptimisasi pengadaan bahan baku dan produksi dengan mengintegrasi sistem
informasi logistik perusahaan dengan sistem informasi milik pemasok dan
distributor
Gambar 2. Hubungan antara perusahaan dengan pemasok dan pelanggan
Referensi Buku:
- Martin, E. Wainright, et al. Managing Information Technology: What Manager Need to Know. Edisi 3. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall International, Inc., 1999.
- McLeod, Raymond Jr. Management Information System. Edisu 9. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall, 2004.
- McLeod, Raymond Jr. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia). Prenhallindo, Jakarta. 1997.
- O’Brien, James A. Management Information System: Managing Information Technology in the Business Enterprise. Edisi 6. Boston: McGrawHill Irwin, 2004.
- Winarno ,Wing Wahyu. Sistem Informasi Manajemen, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar